Home

Memang sejak tinggal di LN lagi gue jadi lebih giat di dapur. Selain masak juga buat bikin kue habis standard manisnya bule biasanya lebih tinggi ( well at least di Amrik dan Oz ya, klo di Perancis kenapa pas ya #minta digampar). Klo ada bahan coklat pun pasti gue ganti dengan dark coklat biar lebih legit dan elegan (apa seehh). Trus fakta bahwa gue agak lactose intolerant jadinya gue suka modif susu-susu dan krim yang dipake jadi skim or non fat dan ganti tepung biasa ke oatmeal demi alasan kesehatan. Yang pasti sering dibuat itu macem chocolate chips cookies, banana bread, madeline or carrot cake. Judulnya sih temen-temen minum teh dan kopi aja sekalian bisa dibawa suami sebagai snack di kantor.  Biaya kuenya kan juga jadi terkontrol alias murah trus sesuai keinginan. Tapi tapi kawan bukan itu maksud postingan ini 😁

Beberapa bulan belakangan ini struggle banget untuk pick up myself and beraktifitas seperti biasa. Sebulan pertama sering banget dihinggapi rasa mual yang gue pikir maag kambuh dan napsu makan yang kok tiba-tiba kayak there’s no tomorrow menurut F, sang suami. Hari-hari berlalu tapi kenapa mualnya makin intense dan dibarengi dengan pusingΒ tiada tara dan lemes-lemes tak bergairah. Akhirnya memeriksakan diri deh dan ternyata burung Stork dan karunia Tuhan mampir tak disangka. Yes, I am 3 months pregnant now. Such a blessing tapi ya itu dunia terbalik banget deh…gak bisa ngapa-ngapain, mual seharian, habis makan lebih mual lagi, pusing tak kunjung reda dan maunya goleraan aja. Lelah! Tapi bukan berarti tak bersyukur ya hehehe..

Maaf ya kalo ke depannya akan sedikit banyak sering berbagi tentang cerita hamil di sini, siapa tau bisa berguna buat yang juga akan mengalami hal yang sama di Oz. Berikut recap singkat akan proses kehamilan di sini:

  1. Kontrol Dokter
    Buat yang sudah dapat bridging visa ato temporary residence (PR dan CitizenΒ gak usah diomongin ya) seperti pernah gue bahas sudah entitled untuk dapatΒ pelayanan Medicare alias kesehatan gratis dari negara. Jadi otomatisΒ kontrol dokter umum alias GP sudah pasti tercover. Ternyata kami juga baruΒ tahu kalo di sini pemerintah punya program pre-natal buat keluarga mulai family planning. Itu juga tahu setelah ngobrol ma dokternya dan dimarahin hahaha…
  2. Pre-natal planning
    Program ini lamanya sekitar 3 bulan. Jadi intinya general check up, memastikan semua yang diperlukan untuk hamil lengkap seperti kandungan zat besi, vitamin D, folic acid, dll. Trus cek virus rubella, tokso dan vaksin lain yang dibutuhkan. Klo ada yang kurang ato berindikasi negatif jadi bisa segera ditindaki sebelum udah hamil. Ya intinya sih biar babynya sehat. Ini free ya semuanya.
  3. The First Trimester
    Sebagai protokol umum 3 bulan pertama semua pemeriksaan dilakukan oleh GP (biasanya extend ke minggu ke-18). Di pemeriksaan pertama kita pulang dengan print out panduan makanan ibu hamil the Dos and Donts. Unless ada keluhan khusus, check up rutin sekali sebulan. Kita agak sering bolak balik karena gue beberapa kali flek.
  4. Choosing the hospital
    Di minggu ke 12, sang GP pun akan merefer kita ke rumah sakit pilihan kita. Oleh pemerintah, pemilihan rumah sakit pun sesuai dengan lokasi rumah biar cepat sampai kalo ada apa-apa. Semua data-data kita pun langsung dikirimkan secara elektronik dari dokter GP kita ke rumah sakit yang dituju. Dari minggu ke 18, kita akan ditangani oleh bidan yang bertugas di rumah sakit itu. Untuk pengguna pelayanan kesehatan publik alias Medicare, memang semua kelahiran akan ditangani oleh bidan. Dalam kasus khusus aja baru dokter kandungan akan turun tangan. Di sini semua wajib melahirkan normal dan Caesar hanya dilakukan kalau keadaan memaksa. Bagi yang menggunakan private insurance baru deh konsultasi di rumah sakit dengan spesialis kandungan.
  5. Ultrasound
    Pemeriksaaan USG pertama dilakukan di minggu ke-12. Tempat USGnya pun kita bisa milih sendiri, nanti dikasih list dari sang GP. Gak gampang lho dapat appointment USG, on average ada satu minggu waiting time. Sayangnya program USG gratis pemerintah sudah ditiadakan huhuhu jadi sekarang AUD 210 dengan rebate pemerintah AUD 50 (jadi out of pocket kita AUD 160, padahal tahun lalu cuman AUD 110!). Triknya untuk USG wajib kedua nanti di minggu ke 18 ato 20, periksa di tempat yang sama karena biasanya ada diskon buat repeater hehehe….
  6. Down Syndrome Test
    Sejak awal check up kami udah diinformasikan oleh sang GP kalo di minggu ke 10 nanti ada opsi untuk Down Syndrome Test. Jenisnya ada dua yang metode lama ato yang paling terbaru. Biayanya pun harus ditanggung sendiri. Gue agak lupa klo gak salah yang metode lama AUD 120an sementara metode baru yang sifatnya non-invasive AUD 670. Kami sih memilih untuk tidak melakukan test ini dengan keyakinan Tuhan pasti kasih yang terbaik. Biasanya berdasarkan hasil test ini pasangan yang lagi hamil itu jadi ada pilihan mau aborsi ato dikeep seandainya kurang baik resultnya. Keakuratan testnya sendiri katanya 80% dan tidak konklusif. Ada juga teman yang sudah heboh ditelpon rumah sakit karena hasilnya jelek tapi dia ngotot gak mau gugurin, pas lahir ternyata normal juga.

Segitu dulu cerita – cerita seputar kehamilan awal ini. I am so ready to move into the second trimester supaya bisa makan dengan nikmat. So far, I lost weight from all the food aversion. Gimana dengan pengalaman kalian?

Featured image courtesy of http://www.etsy.com

Advertisements

92 thoughts on “Bun In the Oven

  1. Kyaaa!!! I’m so exciteeedd!!! πŸ˜€ *ini kenapa aku yg heboh ya.LOL!
    I’m so happy for you and your spouse, semoga kehamilannya sehat, both of you and the little one in the tummy, lancar semuanya.
    Enjoyy~~

    Btw, terkesima dgn pelayanan kesehatan di sana, well organized banget, ngiri nih indonesia.

    Like

  2. Uwoooooooohhhh.. Tinggal di LUAR NEGRI ya Mbak? Hahahaha. Jadi inget kawan kita, lulusan mana? Lulusan LUAR. Wkwkwkwkwk. Eh maap salah fokes. Selamat ya Mbak Mikaaaaaaan. Doaku selalu untukmu. Semoga sehat selalu yaaaa semuanya, anak dalam kandungannya, ya emaknya ya bapaknya. Sehaaaaaat teruuuuuuuzssss!!!!

    Liked by 1 person

  3. Mikaannn aku senaaangg sekali baca berita bahagia iniii 😍😍😍 semoga janinnya sehat selalu, ibu sehat, bapaknya juga, proses persalinannya juga lancar. Lancar semua pokoknya ga ada halangan apapun. Selamat πŸ’—πŸ’—

    Liked by 1 person

  4. Aih sudah go public skrg ya😊 ttg kehamilannya… Selamat yaaa ! Udah firasat krn jij ga mau minum kopi lg di postingan coffee machine itu. Hehehe. Wah USG nya ga gratis dsana ya? Mayan jg tuh ratusan dollar euy. Semoga sehat2 sll ya, dan menurut pengalaman aku sih klo udah 2nd trimester mual nya bakal hilang. Dan end of 2nd trimester ga bs mkn banyak lg krn kondisi perut yg mengecil krn baby nya nyita tempat

    Liked by 1 person

    • Pie firasat ibu hamil ya hahaha….aku dah mikir pasti kamu nangkep sih wkwkwwkw…makasih doanya ya. Aku cuman pengen bisa makan dengan enak tanpa mual huhuhuhu….sejauh ini turunnya gak ada yang enak malah lebih eneq lagi. Iya nih thanks to Tony Abbot udah gak gratis lagi 😣 Kapan due datenya? Jangan2 dah brojol?

      Like

      • Hehehe sesama ya Mikan? belum masih 2 bulanan lagi nih πŸ™‚ kamu kapan due date nya? Iya kalo mual itu pasti deh pertama2nya, nanti kalo udah 2nd trimester semua jg masuk lol.

        Like

  5. Congratulations, Mbak! Syukur banget, lama tidak terlihat, datang-datang bawa berita bahagia :hehe. Selamat selamat selamat! Semoga sehat dan lancar selalu sampai saat persalinan dan seterus-seterusnya!
    Dari apa yang saya baca, kehamilan di sana diplanning banget ya alur kesehatannya sama otoritas rumah sakit dan kesehatan di sana. Jadi pasti lebih aman dan nyaman :hehe. Cuma yang agak menggelitik, di sana diusahakan normal, caesar baru kalau ada kejadian mendesak tertentu, nah kalau di sini, beberapa teman saya malah belum apa-apa sudah disarankan untuk caesar… agak terbalik yah :hehe.

    Liked by 1 person

    • Makasih Gar, iya bawaannya kemalasan tingkat tinggi nih. Memang di sini clear banget aturan mainnya dan dokter2 takut banget kena tuntutan. Aku udah mual setengah mati tetap gak dikasih obat krn dianggap memang proses alaminya begitu 😣 padahal ada obatnya. Trus sakit dikit2 aja klo lagi hamil lgsg ditreat emergency karena takut keguguran. Naaah menurut pemahamanku di Indo udah jadi kayak pilihan tuh caesar dgn berbagai macam alasan seperti takut sakit, demi jaga badan, dll dan banyak dokter yang komersil juga jadinya karena pastinya dapat uang lebih kalo caesar.

      Liked by 1 person

      • Berarti tuntutannya terhadap dokter di sana bisa tinggi banget ya Mbak, sampai-sampai dokternya takut sekali kena tuntutan.
        Iya, di Indonesia caesar sudah seperti jadi penghasilan kedua untuk oknum tertentu, jadi malah sedikit-sedikit caesar :)).
        Sehat selalu ya Mbak :)).

        Liked by 1 person

      • Iya Gar, kemarin aku sempat infeksi kandung kemih, begitu dokter dpt hasil test labnya langsung aku ditlp disuruh dtg hr itu juga. Aku udah kaget ampe deg2an apa serius ternyata krn hamil jd sifatnya emergency semua hahaha pdhl kata ibuku yg juga dokter itu sih biasa aja. Tp kata dokternya ini bahaya klo kamu keguguran krn saya gak cpt bertindak saya yg kena masalah. Serius mrk krn begitu ijin praktek dicabut that’s the end of it. Makasih yaa Gar.

        Liked by 1 person

  6. Selamat yah mbak Mikaan *salam kenal juga* semoga lancar kehamilannya dan dede bayinya sehat.

    Dulu aku pas hamil parnoan banget baby nya kenapa napa.. sempet pengen test DS juga coz di keluarga ada riwayat DS, tp gak jd krn jiper liat biayanya. Alhamdulillah , baby nya sehat dan normol (dan ganteng juga … hahaha *emaknarsis*)

    Like

  7. Mbak Mikan hamil? Huaaaaa.. Selamat ya, Mbaaaak.. Semoga kehamilannya lancar, trus Mbak en adek bayinya sehat.. Aamiiiin..

    Aaaaa.. Banyak kawan blogger yang hamil nih di taun ini πŸ˜€

    Liked by 1 person

  8. Salam kenal dan selamat utk kehamilannya. Saya full muntah 9 bulan hingga lahiran dan menjalani jg down syndrome test (triple test kl ga salah) berikut cek lab berkala dan suntik tetanus. Semoga kehamilannya menyenangkan yaa.

    Liked by 1 person

  9. Mbak Mikaaan, aku baru baca donk *parah banget
    Congrats for the baby yaaa! Asik banget layanan kesehatan di sana, terjamin yaaa πŸ˜€
    Jadi kalo diitung2, sekarang udah masuk trimester 3 ya mbak? Semoga lancar jaya aamiin

    Liked by 1 person

    • Bahahahaha gpp lagi, penyakit semua bumil hihihi…pajaknya juga tinggi Tia jd klo mrk gak gini rakyat demo kali wkwkwkw…sistemnya kan subsidi silang jadi semua org at least bisa menerima some kind of health service. Iyaa nihh….dah sakit punggung pinggang dan sesak wkwkwk. Ammin ammiin….doa buat kamu juga yaaa!!!

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s