Home

Hai semua…ceritanya mau nyontreng absen setelah AWOL berminggu – minggu hahaha. Alasannya valid kok tapi nanti diceritakan di post yang lain ya (jadi inget banyak hutang posts yang belum dibayar). Minggu Paskah baru saja lewat dan di negara – negara barat seperti Amerika, Australia, Eropa, dsb libur nasional di mulai dari hari Jumat sebelum Easter yang disebut Good Friday. Hari Paskahnya sendiri jatuh di hari Minggu setelah Good Friday dan libur masih berlanjut sampai hari Senin setelah itu.

Di sini (by this I mean Melbourne) kalau ada libur nasional sehari aja semua orang langsung heboh deh. Pada frantic belanja kayak mau ditutup sebulan aja padahal tipikal rumah bule kan pasti selalu ada dry pantry tempat mereka nyetok bahan makanan dan most likely pada full semua. So it always amuses me liat kelakuan mereka klo mau libur gini. On Good Friday, semua toko dan restoran wajib tutup hukumnya di sini dan yang buka akan kena denda AUD 25,000, tapi ya masih ada aja yang nekat buka dengan logika kalo semua tutup pasti pada lari ke mereka, seperti tempat Yum Cha yang terkenal di sini. Orang Oz nyebut Dim Sum dengan Yum Cha.

Easter holiday means family time di sini. Menurut gue weightnya sama dengan Thanksgiving day di Amrik sono. Gereja pun melakukan ibadah dua kali, di hari Jumat dan hari Minggu. Yang pasti family brunches mewarnai long weekend ini. Oiya toko-toko cuman tutup di hari Jumat, setelah itu resume operation seperti biasa. Di hari minggu aja yang mungkin delay opening ke jam 11.00 siang. Biasanya bisa dipastikan salah satu menu utamanya adalah lamb. Gak tau kenapa orang sini demeeen banget ama lamb.

Lalu bicara tentang egg hunting yang biasanya diadakan di hari Minggu, gue jadi inget kebetulan tepat setahun yang lalu gue dan suami punya rejeki untuk honeymoon menyusuri negara-negara Skandinavia. Dan cerita egg hunting paling seru itu kami temukan Stockholm, Swedia. Waktu itu masih beberapa hari sebelum Paskah dan kami berkunjung ke Rosendal Palace yang adalah royal residence yang dibangun di pulau Djurgarden buat sang raja mereka. Naah mereka ngadain sayembara egg hunting buat para visitor anak-anak. Jadi anak-anak itu dikasih selembar kertas berisi peta istana di mana mereka harus mark lokasi telur-telur emas yang mereka liat. Telurnya juga dibuat agak gede biar gampang diliat trus at the end of the journey, anak-anak itu bisa submit kertas mereka dan direward dengan coklat berbentuk kepingan emas yang guede. Seru banget!! I thought that was a brilliant brilliant idea!

Hari Senin terakhir liburnya itu biasanya jadi hari relaxing total dan if the weather is great, beberapa orang masih ngadain barbeque trying to reap the last days of the warm sunny weather secara sekarang ini kan dah Fall alias Autumn.

Sekian sih cerita-cerita seputar Easter di sini hihihihi….klo ada yang punya cerita seru bagi dong.

Advertisements

42 thoughts on “Eggs Hunting Down Under

  1. Sepertinya saya ingat deh cerita bulan madunya itu. Seru banget sih keliling eropa. Hihihihi. Eniwei makasih ya sudah dikasih tahu tentang Good Friday dan Easter Mbak Mikan.

    Liked by 1 person

  2. Mentornya AWOL barengan semua. Hahahaha.

    Happy Easter Mbak Mikan.
    Kebayang jadi berburu harta karun kyk di Lima Sekawan gitu dah itu acaranya.

    Libur panjang cm kondangan ke Bandung aja Minggunya. Gak ngeh kalau libur panjang. Hahahhaa

    Liked by 1 person

  3. Happy Easter Mikan! Kalo di Indonesia kemarin ngga ngapa2in sih, Tapi pas di Inggris di flat yg orang Eropa pada bikin hot cross bun.. Pertama kali makan itu, enakk dan khas banget jadi skarang kalo Easter aku selalu ngebayang2in hot cross bun, bukan telor lagi hehehe

    Liked by 1 person

  4. Halo Riemikan. salam kenal ya, gue nyangkut di blog lo setelah baca post sebelumnya yang tentang penumpang ajaib di pesawat itu. ampun dijeeee…:D

    Eniwei….gue ngakak nih baca cerita orang2 yang heboh belanja soalnya sama percis kaya di sini. Libur seiprit doang belanjanya kaya besok kiamat. Apalagi easter di sini liburnya dari kamis sampai senin minggu depannya, gue dateng ke supermarket sore-sore udah kosong aja dooong barang2nya. Cihh

    Liked by 1 person

    • Halo Rika! Salam kenal dan makasih dah mampir ya. Hahahaha bule2 parno yaa heran deh. Iyaaa aduuh kita nyampe di Helsinki tahun lalu pas Paskah (totally lupa pas planningnya) jadi sepiii piii pii bgt dan gagal ke Estonia gara2 telat bangun hahaha. Ternyata ada juga org Indo di sana hahaha…keren!!!

      Like

    • Thank you Beby. Acara keluarga Beb umumnya dan di gereja masing2. Klo masalah ke gereja 2x di mana2 sih begitu. TapinPaskah dan Natal serta beberapa hari nasional lainnya memang udah jadi tradisi ngumpul keluarga. Karena liburnya lebih panjang jadi semua mudik. Seperti Lebaran di Indo aja. Perlu diingat negara barat tidak religious kok cuman dibandingkan dengan di Amerika dan cerita2 adekku ttg Eropa, Oz ini menurutku sedikit lebih beragama.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s